Pameran Pendidikan Nasional 2009 Resmi Dibuka

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) kembali menggelar Pameran Pendidikan Nasional 2009. Pameran tersebut masih merupakan rangkaian dari acara Hari Pendidikan Nasional tahun ini.

Pameran berlangsung mulai Senin (10/8) hingga Rabu (12/8) di halaman dan Gedung A Depdiknas. Adapun tema dari pameran ini adalah "Membangun Masyarakat Cerdas dan Kreatif Berbasis Teknologi dan Seni Budaya untuk Daya Saing Bangsa."

Pameran pendidikan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo. Dalam sambutannya, Mendiknas mengatakan, pameran pendidikan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk pendidikan nasional.

"Banyak hal yang telah kita capai selama ini," ujar Mendiknas pada pembukaan pameran, Senin (10/8).

Meski demikian, lanjut Mendiknas, dunia pendidikan Indonesia masih menghadapi tantangan berat di masa depan. Maka, untuk menghadapi tantangan itu diperlukan kerja keras dan tetap berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Kita juga membutuhkan bantuan dari pihak luar. Oleh karena itu, dalam pameran ini kami juga mengundang beberapa lembaga pendidikan internasional," ungkap Mendiknas.

Setelah membuka acara, Mendiknas mengelilingi stan-stan peserta pameran. Sesekali Mendiknas juga tampak berdialog dengan peserta pameran.

Tak kurang dari 100 peserta dalam dan luar negeri ambil bagian dalam pameran ini. Lembaga pendidikan luar negeri yang ambil bagian itu antara lain AMINEF, NESO, DAAD, British Council, UNESCO, CASSO, dan KampusFrance. Pengunjung dapat berdialog langsung dengan lembaga-lembaga pendidikan luar negeri tersebut untuk mendapat informasi seputar pendidikan luar negeri, beasiswa, informasi tentang budaya, dan lain sebagainya.

Selain itu, digelar juga seminar pendidikan, gelar produk dan kebijakan Depdiknas, informasi pendidikan/beasiswa dalam dan luar negeri, micro teaching, virtual education, latihan animasi, dan atraksi Robot Seni.

Tak hanya itu, para pengunjung juga akan dihibur oleh pagelaran tari dari ISI Denpasar, Sherina (Mahasiswi London School), penampilan DeMonde Band, dan atraksi sulap dari Richard Rain (Mahasiswa Universitas Gunadarma).

Selain itu, setiap harinya pengunjung juga berkesempatan memenangi doorprize menarik, yaitu voucer buku senilai Rp 150.000, satu buah laptop, dan dua buah kamus elektronik.


0 Comments: