Perangkat Mengajar (Silabus-RPP)

MENGAJAR YANG MENYENANGKAN

Ketika ada event Book Fair di Gramedia Expo, secara tidak sengaja saya menemukan buku yang menarik perhatian saya. Pertama yang membuat saya tertarik adalah judulnya “JUJIGORU” Jurus Jitu Guru dan Orang Tua. Karena buku tersebut dalam keadaan terbungkus plastik, saya pun tidak bisa melihat garis besar isi yang terkandung dalam buku itu. Karena tak kuasa menahan rasa penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk membelinya. Untungnya waktu itu ada diskon 30 %, lumayanlah karena untuk mendapatkan diskon sebesar itu sangat jarang sekali. Tak kuasa menahan rasa penasaran langsung saja buku itu saya buka, sekilas pintas melihat isinya sangat menarik terutama berkaitan dengan profesi saya sebagai pendidik. Di situ diulas berbagi macam trik yang cerdas, menarik, lucu, dan menyenangkan.

Akhirnya saya mencoba untuk mempraktikkan trik-trik seperti yang dicontohkan di dalam buku di depan murid-murid saya. Wuuih hebat juga ternyata… biasanya murid-murid yang biasanya bosan mendapat jejalan berbagai ilmu berubah heboh setelah saya memberikan materi yang di selingi dengan berbagai cerita, tebakan atau kuis. Malah tidak terasa waktu terus bergulir hingga jam pelajaran yang saya bawakan pun usai,rengekan murid-murid saya mencoba untuk membujuk agar pelajaran diteruskan.

Nah bagi anda yang penasaran, berikut ini contohnya jika anda ingin mengajar tentang pelajaran IPS atau Sejarah. Kebetulan kalau pelajaran itu tentang menghafal, terkadang anak-anak sulit sekali menerimanya. Tapi dengan diselingi cerita seperti di bawah ini, insya Allah, anak-anak akan mudah untuk mengingatnya.

PELAJARAN : IPS / SEJARAH

BAHASAN : Mengenal tempat bersejarah

TRIK : Cerita

PRAKTEK : Ada 4 orang anak saling membicarakan kehebatan ayahnya masing-masing. Nah terjadilah percakapan seperti berikut :

Anak 1 : Kamu tahu gak tembok besar di China ?

Itu ayahku yang bikin.

Anak 2 : Kalau kamu tahu gak Terusan Suez di Mesir ?

Ayahku tuh yang buat

Anak 3 : Kamu pernah lihat Menara Eifel di Paris gak ?

Ayahku lho yang membangunnya

Anak 4 : Kamu pernah ke Laut Mati di Jordania ?

Itu sih ayahku yang bunuh

Nah dengan memberikan cerita seperti di atas, secara tidak langsung kita memberikan pengetahuan ke anak-anak mengenai tempat-tempat bersejarah berikut letak objeknya.

Menarik bukan ?

Wah saya sih merasa berterima kasih kepada pencipta buku tersebut karena telah memberikan inspirasi bagi saya untuk terus berkreasi.(Mamik Story)

0 Comments: