RPP Kontekstual

Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40’


Standar Kompetensi
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku

Indikator:
· Membuat beberapa bentuk segitiga dalam berbagai ukuran
· Menggunakan segitiga dengan panjang sisi 3 m, 4 m, dan 5 m untuk menyelesaikan masalah
· Membuat sketsa (gambar) segitiga siku-siku yang dibubuhi ukuran sisi-sisinya sesuai dengan kaidah Pythagoras

Media:
· Halaman sekolah atau lapangan

Alat dan Bahan:
· Benang, paku, spidol, kertas plano, dan meteran

Tahap-tahap kegiatan

Kegiatan
Waktu
Sumber / Alat /Bahan
Persiapan:
· Siapkan alat-alat, setiap kelompok menerima satu gulung benang, meteran dan empat buah paku



Spidol dan kertas plano

Kegiatan awal
· Guru menanyakan kepada siswa apa yang diketahui tentang teori Pythagoras
· Guru mencatat hal-hal yang disampaikan siswa di papan tulis
· Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan kegiatan di luar kelas dan terkait dengan teori Pythagoras

10 menit


Kegiatan Inti

PERTAMA
· Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa
· Setiap kelompok memilih seorang ketua.
· Ketua kelompok membagi tugas, ada yang menyiapakan alat, mengukur dan mengikat benang dengan paku, menancapkan di tanah, dan membuat gambar atau sketsa hasil-hasil
· Guru mengajukan masalah: “ada seorang tukang batu yang akan membuat pondasi bangunan rumah. Ia ingin pondasi tersebut benar-benar siku (tegak lurus) dan ia hanya punya benang, paku, meteran dan penggaris siku”. Dapatkah anak-anak membantu tukang batu tersebut?
· Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menemukan cara memperoleh bentuk pondasi yang siku (dilakukan di luar kelas). Yang dilakukan kelompok adalah mencoba-coba membuat segitiga dari benang dengan ukuran-ukuran yang bervariasi sampai ditemukan yang paling tepat
· Guru mengamati kerja kelompok dan mengingatkan bahwa hasil-hasil yang diperoleh harus dicatat dan mengingatkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugas
· Setelah selesai, kembali ke kelas, kelompok memeriksa lagi temuannya. Apakah hasil itu sudah sesuai dengan teori Pythagoras
· Guru dan siswa membahas bagaimana menentukan sisi-sisi segitiga siku-siku dengan teori Pythagoras




40 menit

1.benang, paku dan meteran
2. spidol dan kertas plano
KEDUA
Setiap individu membuat gambar-gambar (sketsa) segitiga siku-siku beserta ukurannya sesuai dengan kaidah teori Pythagoras.
Hasil setiap individu kemudian didiskusikan dalam kelompok, dan selanjutnya didiskusikan dalam pleno/kelas.


20
menit


Kegiatan akhir
Siswa menulis refleksi pembelajaran hari ini. Apa yang telah diperoleh,apa yang menyenangkan dan apa yang masih dianggap sulit


5 menit


Penilaian
· produk (hasil kelompok maupun individu)
· pengamatan terhadap perilaku anak pada saat melakukan kerjasama di luar kelas (pengamatan terfokus)


5 menit

0 Comments: