Contoh RPP Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VII/1
Waktu : 4 jam pelajaran (160 menit)

Standar Kompetensi :
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan
perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

TUJUAN
· Siswa mampu menulis model matematika
· Siswa mampu membedakan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
· Siswa mampu menyelesaikan persamaan linear satu variabel
· Siswa mampu menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel


BAHAN DAN ALAT
Gambar benda-benda yang biasanya ada di kamar mandi (dipakai mandi)
Lembar kerja


LANGKAH KEGIATAN (Pertemuan !)
Pengantar (Klasikal 5 menit)
Tugas individu (20 menit)
Diskusi kelompok (15 menit)
Sharing kelompok (15 menit)
Diskusi pleno (10 menit)
Tugas individu (10 menit)
Penutup (5 menit)


KETERANGAN
Guru menunjukkan gambar dan meminta siswa untuk menjelaskan gambar itu. Lalu mengajukan pertanyaan ” misal seseorang mandi 15 gayungan air menghabiskan 22,5 liter air. Berapa volum gayung? ”. setelah siswa menjawab, guru mengarahkan untuk menulis kalimat pertanyaan itu dalam bentuk model matematika (persamaan). Dengan cara yang sama dibahas pertanyaan ” seseorang mandi 15 gayungan air mrnghabiskan air kurang dari 22,5 liter air. Berapa volum gayung? ” dan mengarahkan untuk menulis pertidaksamaan.
Secara individu siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan gambar dan menuliskannya dalam bentuk model matematika (persamaanpertidaksamaan)
Secara berkelompok siswa mendiskusikan hasil-hasil tugas individu. Saling memeriksa dan memperbaiki kemudian menyatukan hasil individu menjadi hasil kelompok
Secara berkelompok siswa saling menukar hasil kelompok untuk diperiksa dan diberi tanggapan secara tertulis. Waktu setiap penukaran 5 menit dan frekuensi penukaran 4 kali
Guru memimpin diskusi pleno untuk membahas temuan, tanggapan dari kelompok. Setelah selesai siswa memajangkan hasil karyanya
Secara individu siswa membuat laporan individu berdasar hasil-hasil kerja kelompok. Setiap siswa diberi kebebasan untuk melihat semua hasil kelompok dalam pajangan. Untuk memudahkan siswa diberi lembar kerja
Siswa menulis refleksi pembelajaran, apa yang telah diperoleh, apa yang masih dirasa sulit, apa yang berkesan dalam pembelajaran


LEMBAR KERJA
PERTANYAAN/KALIMAT /CERITA
MODEL MATEMATIKA
PENYELESAIAN
seseorang mandi 15 gayungan air menghabiskan 22,5 liter air. Berapa volum gayung? ”.

seseorang mandi 15 gayungan air menghabiskan kurang dari 22,5 liter air. Berapa volum gayung? ”.


.................................
.................................



15 X = 22,5 (persamaan)




15 X < 22,5 (pertidaksamaan)
X = 22,5 : 15
X = 1,5
Jadi volum gayung = 1,5 liter

X < 22,5 : 15
X < 1,5
Jadi volum gayung kurang dari 1.5 liter


PENILAIAN
· Penialain dilakukan melalui produk (hasil karya) siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan rubrik penilaian terlampir.

0 Comments: