Editing Perangkat Pembelajaran


         Perangkat pembelajaran merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh para guru pada semua jenjang pendidikan. Hal ini terkadang membuat para guru menjadi merasa jenuh dan cenderung untuk menggunakan perangkat pembelajaran milik guru lain yang belum tentu sesuai dengan kebutuhannya secara utuh. Padahal sesungguhnya hal tersebut merupakan suatu tindakan yang tidak terpuji, karena merupakan suatu tindakan yang menyalahi kode etik hasil karya atau dengan kata lain yang lebih keren yaitu “plagiat”. Selain daripada itu, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi membuat para guru menjadi dimanjakan sehingga akan mengakibatkan para guru tersebut kelabakan dalam audit oleh pengawas maupun dalam akreditasi. Oleh sebab itu,untuk menghindari para sahabat dari kecaman seperti itu, para sahabat dapat melakukan hal-hal atau trik-trik tertentu untuk menghindarinya. Berikut ini, berdasarkan permintaan dari salah satu sahabat, saya mau share tentang tips – tips yang dapat sahabat lakukan dalam editing perangkat pembelajaran yang sahabat dapatkan dari referensi lain.

TIPS DAN LANGKAH - LANGKAH YANG DAPAT SAHABAT LAKUKAN ANTARA LAIN :
1.      PEMILIHAN REFERENSI
Dalam tahap ini sahabat hendaknya seksama dalam memilih dan menggunakan referensi yang akan digunakan, hal ini bertujuan untuk
mengurangi dampak negative yang mungkin akan muncul pada saat dilakukannya penilaian atau audit oleh pengawas maupun oleh pihak yang berwenang lainnya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan antara lain : 1)  pilih perangkat pembelajaran yang sama atau hampir sama dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah kita; 2)  gunakan referensi sumber belajar yang digunakan di Sekolah sahabat masing-masing; 3)  gunakan referensi alat peraga atau media yang terdapat di Sekolah sahabat masing-msing.

2.      EDITING PERANGKAT PEMBELAJARAN
Perangkat pembelajaran dari referensi lain yang sahabat telah miliki kini tinggal dilakukan pengeditan sesuai dengan kebutuhan dari sahabat msing-msing. Namun demikian perlu sahabat ingat bahwa kalau para sahabat mengedit perangkat pembelajaran tersebut secara manual satu persatu akan membuat sahabat sekalian menjadi jenuh dan memakan waktu yang cukup lama, oleh sebab itu perlu para sahabat menggunakan trik dalam pengeditan ini. Mungkin para sahabat sudah banyak yang tahu dan telah melakukannya, namun saya disini ingin berbagi informasi sedikit bagi sahabat yang masih belum mengetahuinya. Baiklah langsung saja kita menukik ke trik pengeditannya. File yang akan di edit biasanya adalah berupa Microsoft office excel dan atau Microsoft office word, dan jika para sahabat memiliki file yang berupa pdf atau file lain, maka sahabat sekalian perlu mengkonvert file tersebut kedalam bentuk file Microsoft office excel atau Microsoft office word, misalnya kalau dalam bentuk pdf kita dapat menggunakan software pdf2word converter, yang sahabat dapat download secara free di internet atau dalam situs blog ini. Setelah para sahabat selesai dalam menyiapkan file, para sahabat mulai mengeditnya sesuai dengan kebutuhan, namun dalam hal ini para sahabat perlu mengingat bahwa pengeditan dilakukan satu persatu misalnya para sahabat dapat mulai dari KKM, Pemetaan, Silabus, RPP dan yang lainnya. Pada umunya pengeditan dari semua file tersebut adalah sama, namun disini sebagai salah satu contoh saja saya akan coba untuk sharing dalam pengeditan RPP.
Dalam pengeditan RPP hal-hal yang perlu di edit diantaranya adalah identitas sekolah, sumber belajar, alokasi waktu, nama guru pengajar, nama kepala sekolah tanggal pelaksanaan dan tempat serta yang lainnya. Untuk mengedit identitas sekolah dan seterusnya seperti yang tercantum diatas, para sahabat dapat melakukan trik replace pada Microsoft office excel dan atau Microsoft office word. Seperti gambar berikut :
Ø  Double klik pada kata yang akan diganti kemudian cophy.

Ø  Kemudian klik Replace pada menu bar sahabat sekalian.

Ø  Pastekan kata terseut pada “Find what” kemudian ganti dengan kata yang sahabat inginkan pada “Replace With” lalu tekan “Replace All”.

Ø  Lakukanlah hal terseut berkali-kali sesuai dengan kebutuhan dari para sahabat, sehingga para sahabat tidak perlu lagi mengeditnya satu persatu, sebab kata sahabat sekalian sudah secara otomatis terganti secara keseluruhan dalam satu file tersebut.

3.      PENGEMASAN
Pada tahap ini merupakan tahap out put dari karya para sahabat sekalian, hal ini mungkin dapat dikatakan sebagai suatu yang teramat penting untuk dilakukan, dimana selama ini mungkin “terabaikan” oleh sebagian dari kalangan kita. Hal-hal yang perlu diperhatikan yakni ; 1) Cover ; 2) Penjilidan/pengemasan; dan yang paling penting adalah 3) Daftar Pustaka. Pada setiap akhir dari karya sahabat sekalian harus diisi Daftar Pustaka, hal-hal yang dicantumkan dalam daftar pustaka ini adalah segala sumber dan referensi yang sahabat sekalian dapatkan dan gunakan sebagai acuan dalam pembutan karya perangkat pemelajaran sahabat sekalian.
Dengan pencantuman referensi yang benar dan lengkap akan memuat para sahabat terhindar dari sebutan plagiat dan juga akan mampu lolos dari audit oleh pengawas maupun pihak lain yang berwenang. Kebenaran yang dimaksud disini adalah pencantuman referensi yang sesuai dengan aturan dan kaidah penulisannya serta statusnya,seperti misalnya “ RPP di edit dari RPP SMP Negeri 1 Singaraja” dan lain sejenisnya.
Demikianlah share dari saya hari ini semoga informasi yang saya dapat bagikan hari ini dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian, dan apabila ada kekurangannya mohon sahabat sekalian memberikan kritik dan sarannya pada forum, komentar maupun pada kolom chat box.


Daftar Pustaka :

0 Comments: