Pendidikan di Jepang Semakin Diminati

Jepang sebagai negara tujuan belajar semakin populer dan diminati masyarakat.

Selain program pendidikan tinggi di bidang teknik yang terbilang maju di Asia, kedekatan masyarakat Indonesia dengan kultur populer Jepang ikut memengaruhi.

Pameran Pendidikan Jepang yang diselenggarakan oleh PT Pandan International, Sabtu (29/8) di Hotel Nikko Jakarta, dipadati ratusan remaja yang silih berganti berdatangan. Dalam pameran tersebut, hadir 15 sekolah Bahasa Jepang yang datang langsung dari Negeri Sakura tersebut.

Komisaris PT Pandan International Richard Susilo yang menjadi penyelenggara pameran tersebut mengatakan, tercatat sekitar 1.500 orang hadir di pameran itu. Jepang menjadi daya tarik tidak hanya karena program studinya, tetapi juga budayanya. Orangtua belakangan mulai memilih Jepang sebagai tujuan belajar anaknya ketimbang Amerika atau Australia yang sudah menjadi negara tujuan belajar sejak lama.

”Mereka khawatir anak mereka terpapar pergaulan bebas atau narkoba. Kalau di Jepang, kultur masih Timur dan anak akan disibukkan dengan belajar Bahasa Jepang dan materi kuliah sehingga tidak sempat berulah macam-macam,” ujarnya.

Chief Department of Japanese dari College of Business and Communication Takashi Ishijima yang menjadi salah satu peserta pameran mengatakan, Indonesia merupakan pasar potensial.

”Apalagi, remaja Indonesia relatif dekat dan menyukai kultur populer Jepang,” ujarnya. -Kompas.com-


0 Comments: